Cinephile

Si tangguh Kathryn Bigelow

Kathryn Bigelow

Kathryn Bigelow dilahirkan di San Carlos California, merupakan anak tunggal dari seorang manajer pabrik cat. Bakatnya dari kecil merupakan seorang pelukis, saat ia bekerja sebagai pelukis di Whitney Museum iat tertarik pada bidang seni gambar gerak kemudian ia menekuninya di Columbia University. Dengan bekalnya ia memulai karir sebagai seorang sutradara dengan membuat sebuah film pendek pada tahun 1978, Film yang berjudul The Set-Up itu berdurasi kurang lebih 20 Menit dan di perankan oleh aktor Gary Busey.

Kathryn Bigelow dilahirkan di San Carlos California, merupakan anak tunggal dari seorang manajer pabrik cat. Bakatnya dari kecil merupakan seorang pelukis, saat ia bekerja sebagai pelukis di Whitney Museum, ia begitu tertarik pada bidang seni gambar gerak kemudian ia menekuninya di Columbia University. Dengan bekalnya ia memulai karir sebagai seorang sutradara dengan membuat sebuah film pendek pada tahun 1978, Film yang berjudul The Set-Upitu berdurasi kurang lebih 20 Menit dan di perankan oleh aktor Gary Busey.

Film pertamanya berjudul Loveless ketika itu di rilis tahun 1982 menceritakan kehidupan seorang biker yang di perankan oleh Willem Dafoe. Bigelow membutuhkan setidaknya 5 tahun untuk merilis film keduanya Near Dark yang bertema vampire, lalu kemudian ia menggarap Blue Steel yang di bintangi Jamie Lee Curtis dan Rod Silver. Blue Steel disambut hangat olehpara kritikus, dan kemudian ia di percayakan untuk menggarap film Point Break (1991) yang di bintangi oleh Patrick Swayze dan Keanu Reeves, alhasil film ini sukses dan membuat nama Bigelow melambung.

Bigelow pernah menikah dengan Sutradara James Cameron pada tahun 1989, namun pernikahannya hanya berumur pendek lantaran mereka tidak ada kecocokan pada saat menjalin hubungan, namun hubungan keduanya berjalan baik saat pasca perceraian , bahkan bekerja sempat sama dalam menggarap Strange Days bersama pada tahun 1995, namun sayang film ini gagal tanpa sebab, mungkin karena film ini bertemakan masa depan jadi ini bukan tema bigelow . Kemudian pada tahun 2002 ia mengadaptasi sebuah novel karya Anita Shreve yang berjudul The Weight Of Water lalu kembali ke jalur film action pada tahun 2002 lewat K-19 The Widow Makerdan lagi lagi film ini kurang berhasil padahal film tersebut di bintangi Liam Nesson & Harrison Ford

Sempat absen selama beberapa tahun namun kemudian muncul lagi dalam proyek film Hurt Locker, memang aneh judulnya namun  ketika Hurt Locker tayang di Vernice Film Festival , film tersebut langsung menarik perhatian para publik dan setahun kemudian para kritikus film dari seluruh dunia memuji habis habisan tidak hanya itu Hurt Locker dihadiahi 6 Piala  Oscar termasuk Best Picture, Bener bener gak di sangka ! padahal lawan nya adalah mantan suaminya James Cameron dengan film Avatarnya. berkat penghargaan itu ia sekarang banyak menerima tawaran dari produser-produser besar untuk film selanjutnya nanti.

Kathryn Bigelow memiliki cara tersendiri dalam menggarap filmnya Lewat Film Hurt Locker, Point Break dan Zero Dark Thirty, ia memakai cara setiap aspek dan detail dalam filmnya harus diperdalam begitu juga pada karakter-karater yang tampil di setiap filmnya. Film beralun lamban bagaikan sebuah Bom Waktu yang siap mengguncang, film yang patut di sejajarkan dengan film perang terbaik yang pernah ada. Usia memang tidak muda lagi tetapi jiwa sutradaranya tidak pantang menyerah, BRAVO !!

Comments

Populer Minggu Ini

Facebook

To Top