Review

Review – The Social Network (2010)

“You don’t get to 500 million friends without making a few enemies”

Film di buka dengan adegan kencan Erica (Rooney Mara) & Mark Zuckerberg (Jesse Eisenberg) pada Musim Semi 2003, Mark yang sedang kesal dengan Erica, sepulangnya dari tempat kencan Mark mencoba melampiaskan kekesalannya dengan bekal keahlian blogging dan programingnya ia dan teman dekatnya Eduardo Saverin (Andrew Garfield) membuat sebuah situs facemash.com yang isinya membandingkan dua orang wanita untuk dipilih sesuai selera bagi mereka yang masuk ke situs ini.

Selain menarik perhatian pihak Harvard, keisengan Mark dan kawan-kawannya ini ternyata berhasil menarik perhatian saudara kembar Winklevoss bersaudara (Armie Hammer) yang ingin membuat sebuah situs harvardconnection.com. Awalnya Mark sempat menyindir ide Winklevoss bersaudara yang menurutnya tidak berbeda dengan friendster dan myspace. tapi tawaran kerjasama akhirnya diterima Mark  ke dalam situs yang awalnya ia beri nama thefacebook.

Tanpa sepengetahuan Winklevoss bersaudara, Mark berhasil meluncurkan “thefacebook” dikalangan mahasiswa Harvard. Dengan ide-ide yang selalu berkembang menjadikan “thefacebook” lebih dinamis dan diterima oleh para pengguna internet yang kemudian di sederhanakan namanya oleh pembimbing Mark sekaligus penemu “Napster”, Sean Parker (Justin Timberlake) menjadi “Facebook”.

Siapa sangka kisahnya memperjuangkan Facebook begitu menarik, penuh konflik dan ambisius. Sutradara David Fincher dan penulis Sekenario Aron Sorkins membawa kita menjelajahi momen dimana hadirnya sebuah revolusi pertemanan di abad ini. cerita berjalan dengan rapi tanpa ada paksaan, dengan tempo yang pas namun tidak membosankan Fincher bukan hanya menyajikan cerita tapi juga mengajak kita untuk berpikir dan menganalisis  “apa?” dan “mengapa?” kepada setiap karakter yang muncul di film ini. selain itu film juga di penuhi dialog slapstick tajam dan cerdas.

Lagi lagi Jesse Eisenberg gw acungi jempol karena jago menjaga kualitas aktingnya, sekilas benar benar seperti Zuckerberg Asli, Penampilan Justin Timberlake juga tidak asal asalan di sini tanpa di sangka – sangka selain beradu di balik mic ia dapat berakting serius di depan kamera. lalu ada Andrew Garfield yang bermain total.

Bagi mereka yang belum akrab dengan Facebook, film ini masih bisa di dinikmati karena isinya bukan hanya seputar Facebook, tapi lebih kepada apa yang terjadi jika persahabatan bertemu bisnis, ketika keinginan menjadi penciptaan, ketika inovasi berubah menjadi mimpi buruk. bukan hanya menceritakan bagaimana perjuangan seorang pemuda kesepian menjadi pemuda yang mempunyai teman 500 juta lebih secara remote namun di film inilah manusia juga dinilai kualitas hubungan mereka daripada tingkat kontribusi mereka. Apa yang Zuckerberg lakukan? sehingga memungkinkan bagi 500 juta orang di seluruh dunia terhubung dengan satu sama lain dalam cara yang lebih kaya dan  manusiawi. Dia telah membuat hidup lebih baik bagi ratusan juta orang di dunia.

Memang film ini tidak sepenuhnya akurat, tapi jelas kita tahu apa yang kita inginkan di film ini. setelah menonton film ini pasti kalian akan mengupdate status kalian di facebook.

[xrr rating=8/10]

Comments

Populer Minggu Ini

Facebook

To Top