Review

Gongdong gyeongbi guyeok JSA / Joint Security Area (2000)

Sgt. Oh Kyeong-pil: ” Your shadow is over the line. Watch it!

Di perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara, Panmunjom, sebuah insiden penembakan yang berujung dengan jatuhnya dua korban tewas di pihak Korea Utara dan satu orang terluka di pihak Korea Selatan. Untuk mencegah konflik yang lebih besar kedua belah pihak sepakat untuk melakukan penyelidikan dengan meminta bantuan negara netral, Swiss yang diwakili Neutral Nations Supervisory Commission (NNSC) untuk melakuka penyelidikan tsb. NNSC kemudian menunjuk Mayor Sophie E. Jang (Lee Young Ae) untuk memimpin penyelidikan ini.

Namun rupanya kasus tsb bukanlah kasus biasa yang dapat dengan mudah diselidiki. Dimulai dari ditemukan beberapa bukti janggal di TKP sampai aksi tutup mulut yang dilakukan saksi sekaligus korban selamat dari pihak Korea Utara, Sgt. Oh Kyeong-pil (Song Kang-ho) dan tersangaka penembakan dari pihak Korea Selatan, Sgt. Lee Soo-hyeok (Lee Byung-Hun ) dimana ternyata mereka menyimpan sebuah rahasia besar dibalik kejadian berdarah tsb.

Dengan mengambil latar belakang isu politik kedua negara yang sudah lama bermusuhan (Korea Selatan dan Korea Utara), Gongdong gyeongbi guyeok JSA / Joint Security Area yang di komandoi oleh salah satu sutrdara ternama Korea Selatan, Park Chan-wook mampu menjelma menjadi sebuah sajian drama thriller berkualitas tinggi.

Park Chan-wook membagi film yang memenangkan Blue Dragon Awards sebagai film terbaik tahun 2000 ini dalam dua bagian besar. Bagian pertama yaitu adalah bagian penyelidikan yang dilakukan oleh NNSC dan Bagian kedua adalah flashback yang menceritakan misteri dibalik peristiwa yang terjadi di daerah perbatasan dua negara tersebut. Bagian kedua ini bisa dibilang adalah bagian paling menarik dan juga bagian terpenting dari film ini.

Park Chan-wook yang di film ini juga bertindak sebagai penulis naskah cukup lihai mengolah berbagai misteri yang menyelubungi kasus berdarah tsb. Jadi walaupun alur yang disajikan terbilang lambat, tapi mampu ‘memaksa’ para penonton untuk tetap setia duduk manis di tempat duduk mereka sampai akhir.

Terdapat juga banyak momen2 menarik dan lucu yang secara tidak langsung sebenarnya mewakili mimpi sang sutradara, yang mungkin juga mimpi sebagian penduduk kedua Korea yang berharap suatu saat mereka dapat bersatu kembali. Namun sepertinya Park Chan-wook tidak ingin terlalu muluk2 mengumbar mimpi, sehingga sebuah ending yang realisitis-depressing dipilih untuk menutup film ini. Overall, Gongdong gyeongbi guyeok JSA / Joint Security Area bisa dibilang adalah salah satu thriller terbaik Korea Selatan, yang juga menjadi pintu gerbang bagi karir Park Chan-wook, yang seperti kita ketahui kemudian berhasil menghadirkan banyak karya2 besar, salah satunya adalah Trilogi Vegeance yang fenomenal itu.

[xrr rating=8/10]

Comments

Populer Minggu Ini

Facebook

To Top