Review Film Indonesia

Moon Cake Story (2017)

Menarik melihat bahwa salah satu sineas besar tanah air, Garin Nugroho produktif belakangan ini. Setelah melempar film drama komedi percintaan 3 dekade Aach…. Aku Jatuh Cinta dan film hitam putih bisu dengan iringan orkestra langsung, Setan Jawa, Garin kini menyuguhkan persembahan teranyarnya, Moon Cake Story. Melihat dari judulnya bisa ditebak bahwa film Garin kali ini mengangkat kisah etnis Tionghoa, melalui benang merah kue bulan yang tenar di tanah air, terutama menjelang tahun baru Imlek.

Kisah filmnya sendiri menyoroti duda kaya namun kesepian bernama David yang kerap bolak balik mengunjungi pusara sang istri. Suatu ketika ia bertemu dengan Asih, ibu tunggal dengan seorang putra yang kerja serabutan, kala David nyaris memakai jasanya sebagai joki 3 in 1. Tak dinyana pertemuan singkatnya dengan Asih, meninggalkan kesan yang mendalam bagi David, hingga ia secara berkala melewati jalan tempat Asih biasanya beroperasi hanya untuk bersua dengannya kembali, hingga mulai menjalin persahabatan. Keduanya lantas mencoba membantu sama lain, David yang mencoba menolong Asih secara finansial untuk membuka usaha toko kuenya sendiri, serta Asih yang memberi arti kehidupan bagi David yang jiwanya serasa hampa.

Di atas kertas, Garin menyutradarai film bertema perbedaan kelas sosial serta etnis mungkin terlihat begitu menarik. Apalagi ia memasang dua bintang komersial sebagai dua lakon utamanya. Mempertemukan Morgan Oey dan Bunga Citra Lestari (BCL) dalam satu layar setelah sebelumnya sempat dipasangankan dalam Jilbab Traveller, Moon Cake Story sayangnya tidak semenarik itu. Menggelar isu yang menjadi tema kelihaian Garin, semuanya menjadi begitu datar dan murahan dalam Moon Cake Story ini. Setidaknya secara tuturan cerita, naskah yang ditulis Garin bersama astradanya, Winaldo Swastia terasa begitu jenerik, dibuat-buat, datar dan picisan. Belum lagi tidak konsistennya alur yang dibawakan. Mungkin Garin mencoba memainkan alegori, sehingga dalam dunia David yang mapan dan bergelimang materi semuanya terasa artifisial, dari dialog, konflik David dengan saudarinya, sampai penyakit Alzheimer-nya yang juga terasa dipaksakan dan jauh dari logika, hanya untuk memberi kesan drama cengeng yang juga tak berhasil menggugah emosi. Sedang dalam dunia Asih yang kumuh dan serba kekurangan di pinggiran Jakarta (lengkap dengan latar CGI yang terlihat palsunya) yang kadang dibuat teatrikal (khas Garin) lengkap dengan musik dan tari-tarian pemainnya dengan gaya musikalitas spontan, tetapi juga dikisahkan klise dengan masalah kemiskinan yang tertebak dan dibuat-buat.

Ah, entah karena filmnya mungkin dipenuhi pesan-pesan titipan sponsornya yang ikut memproduksi film ini, dan terasa jelas sekali mewarnai plotnya atau Garin memang sedang tidak dalam kondisi terbaiknya ketika membuat film ini. Tapi untungnya Moon Cake Story masih sedikit menunjukkan kepiawaian Garin sebagai auteur, beberapa gambar dengan sudut-sudut tak lazim berhasil ditangkap dengan baik oleh Garin, dan kadangkala adegan emosionalnya berhasil. Tapi sulit untuk melupakan bagaimana payahnya skenario filmnya, lengkap dengan dialog-dialog artifisial yang absurd dan kelewat menceramahi. Termasuk  isu etnis, identitas diri serta kelas sosialnya yang kurang tergali dan sekedar tempelan belaka.

Mungkin BCL dan Morgan masih cukup lumayan berusaha untuk menghidupkan peran mereka, termasuk Dominique Diyose, walaupun naskah yang hambar menyia-nyiakan kemampuan mereka. Penampilan lepas dan teduh mungkin berhasil ditunjukkan Deddy Sutomo, dan permainan teatrikal serta kocak dari Jaja Mihardja dan komedian asal Jawa Timur, Unit sebagai pasutri yang bisa jadi bertujuan sebagai comic relief, tetapi meyelamatkan filmnya dari kejemuan dan keklisean panjangnya.

Sebuah film dengan pesan moral atau drama penguras air mata mungkin menjadi tujuan akhir sehingga film ini sampai dibuat. Tapi dengan eksekusi dan naskah yang asal-asalan nan dangkal, Moon Cake Story bisa jadi kekecewaan terbesar dari tangan seorang Garin Nugroho.

Moon Cake Story (2017)
5.5 Movienthusiast's
Summary
Moon Cake Story bisa jadi sebuah film yang mengecewakan dari Garin Nugroho yang terasa begitu menceramahi, jenerik, dan artifisial dalam bertutur.
CERITA4
PENYUTRADARAAN6
AKTING6
VISUAL6
Comments

Populer Minggu Ini

Facebook

To Top