News

Editor ‘Rogue One’ Ungkap Adegan Hasil Syuting Ulang

(Artikel ini mengandung spoiler Rogue One: A Star Wars Story)

Seperti yang kita tahu, Rogue One: A Star Wars Story sempat mengalami masalah sebelum spin-off pertama Star Wars ini mendarat di bioskop. Untuk mengatasi isu ini, Disney dan Lucasfilm akhirnya menggulirkan syuting ulang dan juga merekrut sineas Tony Gilroy untuk membidani reshoots ini.

Meski hingga kini studio belum angkat bicara terkait alasan syuting ulang, rumor yang beredar mengklaim syuting ulang ini ditempuh lantaran Rogue One kurang mewakili ciri khas film Star Wars yang terkenal sebagai tontonan menghibur. Terlepas dari benar atau tidaknya spekulasi itu, kini kita tahu adegan mana saja yang menjadi hasil syuting ulang berkat keterangan dari para editor Rogue One, John Gilroy, Colin Goudie dan Jabez Olssen.

Berikut penjelasan mereka bertiga:

“Kisahnya sedikit banyak telah diubah. Ada scene yang ditambahkan ke awal film dan memperkuat ceritanya. Kami ingin menambahkan lebih banyak scene karakter lain, seperti Cassian (Cassian Andor, mata-mata Rebel diperankan Diego Luna), dan Bodhi (Bodhi Rook, pilot Empire yang membelot diperankan Riz Ahmed). (Contoh) scene yang ditambahkan adalah perkenalan Cassian bersama mata-mata, dan perjalanan Bodhi di Jedha untuk bertemu Saw. (Adegan tambahan lain) juga Jyn (pemimpin grup Rogue One diperankan Felicity Jones), bagaimana kami memperkenalkannya dan kaburnya dia dari transporter, itu semua dilakukan untuk membuat ceritanya lebih baik.”

Lebih spesifik, adegan Jyn Erso di penjara juga termasuk adegan yang dibuat sewaktu syuting ulang. Menurut para editor, sebenarnya perkenalan Jyn lewat opening scene yang menyoroti Jyn kecil tak ada yang diubah. Opening scene ini pun tadinya akan berlanjut ke adegan Jyn di transporter, sebelum akhirnya ia dibawa ke markas Rebel untuk dipertemukan dengan Senat. Namun perkenalan ini dinilai kurang menarik. Alhasil, untuk membuatnya lebih berkesan, ditambahkanlah adegan Jyn mendekam di sel tahanan. “Menyaksikan Jyn menjadi tahanan, lalu melarikan diri bersama Cassian untuk menjalankan misi, itu terasa lebih seru dan lebih menarik,”ungkap editor.

Klimaks Rogue One juga tak luput dari perubahan. Sayangnya, editor tak ingin memaparkan lebih lanjut mengenai bagian yang diubah dalam klimaks. Yang jelas, mereka mengkonfirmasi Rogue One takkan memiliki versi extended cut.

Rogue One: A Star Wars Story sendiri telah dirilis sejak pertengahan Desember 2016, dan di minggu kedua penayangannya, pendapatan film ini telah menembus $800 juta.

Comments

Populer Minggu Ini

Facebook

To Top