Actor

David Bowie (1947 – 2016) Dalam Film: 5 Film Penting Bowie

Sebagai seorang musisi, nama David Bowie di dunia perfilman terdengar cukup signifikan. Seumur hidupnya ia telah membintangi 27 film, baik sebagai aktor utama maupun cameo. Sutradara yang pernah berkolaborasi dengannya pun tidak main-main, semisal Martin Scorsese, Christopher Nolan hingga Nagisa Oshima. Selayaknya dunia musik, di dunia film Bowie juga terkenal eklektik karena mampu memainkan berbagai macam peran dengan baik, dari Alien hingga Nikola Tesla. Ada banyak cara untuk mengenang sosok Bowie, salah satunya menonton kembali penampilan terbaiknya. Berikut ini 5 film terbaik Bowie yang menurut Movienthusiast wajib kamu tonton atau tonton ulang yang mana sebagian besarnya memunculkan Bowie sebagai karakter utama:

1. The Man Who Fell To Earth (Nicolas Roeg, 1976)

the man
Bowie memerankan sosok alien mungkin adalah salah satu dari keputusan paling pas yang pernah diambil sutradara sci-fi. Bowie disini memang berperan sebagai alien yang turun ke bumi untuk mencari cara mengangkut air ke planetnya yang sedang kekeringan. Ketika film ini muncul Bowie berada dipuncak karirnya sekaligus ketika perubahan image-nya kedalam alter ego Ziggy Stardust. Ia juga mengaku saat produksi film, kecanduannya terhadap kokain sangat parah. Ini membuatnya merasa penampilannya dalam film sci-fi ini begitu asal. “Saya senang bisa terlibat dalam film itu, tapi saya bahkan tidak paham apa yang sedang dibuat saat itu,” ujarnya. Namun perasaan teralienasi itulah yang membuatnya memerankan tokoh alien dengan sangat baik. Dalam film ini Bowie juga memenangkan Saturn Award sebagai aktor terbaik. Meski tidak sukses secara komersial, film ini dengan mudah meraih cult status.

 

2. Merry Christmas Mr. Lawrence (Nagisa Oshima, 1983)

mrla
Film ini mengambil latar belakang Perang Dunia II di Jepang terkhusus pada dua sisi kontras perilaku tentara Inggris dengan tentara Jepang. Disini David Bowie memerankan tokoh Jack Celliers. Nagisa Oshima memutuskan memilih Bowie setelah terkesima melihat penampilannya di Broadway. Oshima memberikan kebebasan luarbiasa buat Bowie dalam memerankan peran Celliers sehingga Bowie menyebut aktingnya dalam Merry Christmas Mr. Lawrence sebagai penampilannya terbaiknya di dunia perfilman.

 

3. Just A Gigolo (David Hemmings, 1978)

justagigolo
Bukan film terbaik yang pernah dibuat, bahkan sering mendapat olokan. Namun film ini terkenal karena kehadiran dua sosok penting: Marlene Dietrich dan David Bowie. Just a Gigolo sendiri merupakan film terakhir Dietrich. Film ini bercerita tentang mantan officer Prussia yang beralih profesi menjadi gigolo. Bowie menyetujui peran ini sebagai balas budi atas kebaikan Hemmings yang membantu proses pembuatan film dokumenter untuk tour-nya dan (tentu saja) karena kesempatan beradu akting dengan Dietrich. Proses pembuatan dan post-produksi film ini diakuinya sebagai masa ter-awkward dalam hidupnya karena tidak ada seorangpun yang puas dengan film ini selain (mungkin) sutradara sendiri. Meski diejek dan dilabeli ‘film berantakan’, pesona Bowie masih mampu membuat kita duduk tenang.

 

4. Labyrinth (Jim Henson, 1986)

labyrinth
Bercerita tentang gadis bernama Sarah (Jeniffer Connelly) yang ingin menyelamatkan adiknya yang diculik Raja Goblin, Jareth (David Bowie) disebuah labirin raksasa. Sting, Prince, Mick Jagger dan Michael Jackson sempat dicanangkan memainkan peran Jareth sebelum diputuskan memilih David Bowie. Bowie mengatakan ia memang ingin terlibat dalam proyek film anak-anak, sehingga kesempatan ini langsung diterimanya. Selain memerankan Jareth, Bowie juga mengisi soundtrack film Labyrinth. Sejak kemunculannya di film ini, sosok karismatik David Bowie begitu melekat dimata penonton terutama anak-anak dan ia mulai dikenal dengan sebutan “the man in the Labyrinth”.

 

5. The Prestige (Christopher Nolan, 2006)

the prestige
Film tentang persaingan antara dua ilusionis yang juga dibintangi Hugh Jackman dan Christian Bale. Disini Bowie memerankan Nikola Tesla, seorana saintis yang bersaing dengan Thomas Alva Edison dalam penemuannya. Perihal pemilihan pemeran sosok Nikola Tesla, Nolan meminta dicarikan non-aktor yang memiliki karisma besar. Dengan gagasan seperti itu, sosok yang terbayang dikepalanya hanyalah David Bowie. Awalnya Bowie sempat menolak peran ini namun demi terwujudnya sosok Tesla yang diinginkan, Nolan langsung terbang ke New York “menjual” dan memohon langsung kepadanya. Hasilnya luarbiasa. Meski kemunculan Tesla tidak begitu banyak di film ini, namun begitu membekas karena karisma yang melekat pada Bowie.

Comments

Populer Minggu Ini

Facebook

To Top