News

AMC akan Tayangkan Serial Dokumenter Sci-Fi Buatan James Cameron

Melalui event Television Critics Association (TCA) Press Tour, AMC (channel TV The Walking Dead) mengumumkan pihaknya telah memberi lampu hijau untuk James Cameron’s Story of Science Fiction. Seperti terlihat dari judulnya yang diketahui masih belum final ini, serial dokumenter tersebut datang dari sineas visioner James Cameron yang bertanggung jawab atas film-film sci-fi legendaris macam The Terminator, Aliens, The Abyss, Terminator 2: Judgement Day dan Avatar.

Berdasarkan informasi yang dirilis, serial ini akan mengeksplor evolusi sci-fi yang berawal sebagai genre kecil yang kemudian disusul status cult, hingga sepak terjang sci-fi sebagai fenomena pop culture blockbuster. Perkembangan ini tercermin dari kehadiran Star Wars, Blade Runner, Avatar, The Hunger Games hingga The Walking Dead.

Dalam tiap episodenya, Cameron memperkenalkan satu dari sekian banyak pertanyaan besar yang selama ini menjadi renungan banyak orang, dan menengok ke masa lalu sci-fi untuk lebih memahami bagaimana terciptanya film, serial TV, buku dan video game, dan kemana arah yang mungkin dituju genre sci-fi beserta spesies manusia di masa depan. Cameron dan rekan-rekannya, yang telah berkontribusi memajukan standar dan perkembangan sci-fi selama beberapa dekade terakhir, siap beradu argumen soal kualitas, makna dan dampak dari film dan novel yang mempengaruhi mereka.

Sebelum menjadi sineas yang sukses besar seperti sekarang, Cameron menjuluki dirinya sebagai “sci-fi nerd”. “Semasa kecil, saya membaca segala buku bersampul pesawat luar angkasa dan saya menonton 2001: A Space Odyssey berkali-kali,”kata Cameron. “Film itu (2001: A Space Odyssey) menginspirasi saya untuk menjadi sineas. Saya suka spesial efeknya, tapi saya lebih suka lagi dengan gagasan dan pertanyaan di balik filmnya. (Seperti) bagaimana dunia akan berakhir? Akankah teknologi menghancurkan kita? Apa makna menjadi manusia?”lanjutnya.

Diproduksi Left/Right, serial ini menjadikan Cameron sebagai eksekutif produser bersama Maria Wilhelm, Ken Druckerman dan Banks Tarver. Adapun Seattle’s Museum of Pop Culture (MoPOP), yang notabene tuan rumah Science Fiction and Fantasy Hall of Fame, ditunjuk sebagai konsultan di serial.

James Cameron’s Story of Science Fiction rencananya akan tayang di AMC tahun 2018, dan memiliki enam episode yang masing-masing berdurasi satu jam.

Comments

Populer Minggu Ini

Facebook

To Top