Cinephile

Sisi lain dari seorang M Night Shyamalan

M Night

 

Jika anda hobi nonton, utamanya film film Hollywood, tapi belum begitu mengenal nama di atas, ada baiknya anda telusuri film film karya M Night Shyamalan. Akan anda dapati film film bermutu dengan plot cerita di luar kebiasaan. Manoj Shyamalan adalah seorang penulis naskah, sutradara, produser, dan bahkan figuran di film film produksinya. Berdarah India Amerika dan lebih dikenal dengan nama M Night Shyamalan, menggebrak perfilman Hollywood dengan ‘Sixth Sense’ yang sukses menyita perhatian dan bahkan masih menjadi bahan pembicaraan serta referensi bagi film film lain hingga saat ini.

Memulai hasrat perfilmannya hanya dengan camera super 8 di usia muda. Sempat mendapat penolakan dari sang ayah untuk berkecimpung di dunia film,yang mana sang ayah lebih menginginkan anaknya untuk meneruskan tradisi keluarga menggeluti dunia farmasi, tapi adalah ibundanya yang kemudian mendukung dan mendorong si anak untuk terus memegang kameranya dan menuntaskan hasrat nya. Dan itu ternyata tidak sia sia. M night shyamalan membayar kepercayaan ibunya dengan baik.

Beberapa film besutan penggemar berat Steven spielberg ini yang masih sangat layak kita nikmati adalah sixth sense (1999), unbreakable (2000), The Village (2004) , The Happening (2008), debil (2010) dan Avatar The Last Airbender. Judul judul di atas adalah film film yang bisa dikatakan sukses luar biasa, kecuali avatar the last airbender. Film ini mendapat banyak respon minor dan kritik dari para kritikus film dan di anggap sebuah blunder dari M night shyamalan. Meskipun juga avatar the last airbender meraup keuntungan banyak, tapi dari sisi idealismenya shyamalan dianggap melenceng. dan memang pasca film ini nama sang produser cenderung tenggelam dan menghilang. Tahun 2013 ini kita lihat saja apakah After Earth nya bersama Will Smith akan kembali mengangkat namanya.

Keunikan M Night Shyamalan adalah ia sering melibatkan Philadelphia, tempat dimana ia tumbuh besar ke dalam film garapannya, baik itu sebagai produser, sutradara atau penulis naskah, plot cerita di lokasikan ke kota itu. Dan keunikan lainnya adalah, ia juga sering ikut berperan dalam film film karyanya, sebagai figuran peran peran yang sebetulnya sepele dan dianggap tidak penting yang kadang hanya berdurasi beberapa detik. coba tandainya wajahnya dan putar ulang film film yang melibatkan namanya, kemunculannya sebagai peran pendukung yang tidak penting itu setidaknya akan mengundang senyum tipis dari bibir anda.

Mungkin inilah sisi lain dari seorang sutradara hebat….M night shyamalan.
(by : Woody/Moviemagz edisi 8 )

Comments

Populer Minggu Ini

Facebook

To Top