Features

8 Versi Alternatif Spider-Man yang Menarik Dibuat Filmnya

Sejarah mencatat lima film Spider-Man yang telah dirilis mengusung Peter Parker sebagai alter-ego sang jagoan ikonik Marvel. Dari era trilogi besutan Sam Raimi hingga dwilogi karya Marc Webb, semuanya kompak menyajikan kisah pemuda nerd biasa asal New York bernama Peter Parker yang menjadi superhero berkat gigitan laba-laba.

Kehidupan Peter Parker yang dikenal membumi ini pun kembali dihadirkan Sony Pictures bersama Marvel Studios lewat film reboot Spider-Man, yang mendaulat Tom Holland sebagai penerus Toby Maguire dan Andrew Garfield. Berbeda dengan reboot sebelumnya, reboot kali ini terasa istimewa karena tergabung dalam Marvel Cinematic Universe yang begitu luas. Hal ini tentu memungkinkan Sony/Marvel untuk menyuntikkan banyak hal baru ke dalam franchise Spider-Man, salah satunya dengan memperkenalkan Spider-Man alternatif.

Dalam komiknya, terdapat setidaknya delapan karakter lain yang pernah beraksi sebagai Spider-Man dengan kisah yang tak kalah menarik dan potensial daripada Peter Parker. Latar tempat mereka berasal pun juga beragam. Ada yang berada di dunia alternatif, masa depan, bahkan satu dunia dengan Peter Parker. Well, berikut ini delapan versi alternatif Spider-Man yang patut diangkat ke layar lebar:

8) Spider-Man Noir

Spider-Man Noir

Spider-Man Noir berasal dari dunia yang lebih gelap daripada versi biasa dan ia beraksi pada era krisis ekonomi tahun 1930-an atau yang juga disebut The Great Depression.

Penampilan para musuh Spider-Man di dunia alternatif ini pun juga mendapat sentuhan Noir. Peter diketahui melawan mereka dengan menggunakan senjata api macam pistol dan ia tidak menempel atau merayap di dinding. Kendati demikian, Peter masih memanfaatkan jaring laba-labanya untuk menjebak musuh. Namun jenis tembakan jaring laba-laba ini tak memungkinkan Spider-Man Noir untuk berayun diantara gedung.

Beberapa tahun terakhir Spider-Man Noir juga kian populer setelah ia tampil di serial animasi Ultimate Spider-Man: Web-Warriors, hingga beberapa game termasuk Marvel: Avengers Alliance.

 

7) Spider-Girl

Spider-Girl

Spider-Girl merupakan alter-ego May “Mayday” Parker, yang tidak lain adalah anak Peter Parker dan Mary Jane di dunia alternatif.

Dalam dunianya, Spider-Man kehilangan salah satu kakinya pasca pertarungan sengit dengan Green Goblin. Kecelakaan fatal ini pun memaksa Peter untuk pensiun dan menghabiskan kesehariannya bersama sang istri dan anaknya.

Beranjak remaja, Mayday mulai mengembangkan kekuatan khas Spider-Man miliknya dan tak lama kemudian, ia menggunakan kostum untuk mengikuti jejak ayahnya. Sejak saat itu, Mayday sering bertarung dengan para villain tangguh dan bertemu dengan sejumlah keturunan superhero Marvel lainnya.

 

6) Spider-Ham

Spider-Ham

Dengan wujudnya yang sarat nuansa kartun, versi alternatif/parodi ini dinilai cocok dihadirkan di film animasi Spider-Man yang siap dirilis 2018.

Spider-Ham alias Peter Porker sendiri punya latar belakang cukup konyol, yakni seekor babi berkekuatan laba-laba atau bisa juga laba-laba yang terkurung dalam tubuh babi. Dalam dunia fabel ini, para karakter pendukung Spider-Man juga diplesetkan menjadi hewan. Sebut saja May Porker, Mary Jane Waterbuffalo, J. Jonah Jackal hingga sang musuh besar, King Doctor Octopussycat.

 

5) Scarlet Spider

Scarlet Spider

Scarlet Spider yang paling banyak dikenal mungkin adalah Ben Reilly. Namun yang versi Kaine Parker justru memiliki cerita lebih menarik.

Kaine sejatinya merupakan kloning dari Peter Parker dengan kepribadian lebih gila. Setelah berhasil beradaptasi dengan tubuh dan kekuatannya, Kaine akhirnya mencuri salah satu kostum Spidey dan beranjak ke Houston untuk menjadi antihero bernama Scarlet Spider. Perjalanan Kaine yang juga diwarnai usahanya melawan sisi jahat dalam dirinya menjadi salah satu faktor film Scarlet Spider sangat menarik untuk dibuat.

4) Spider-Man 2099

Spider-Man-2099

Spider-Man versi masa depan ini bukan lagi Peter Parker, melainkan Miguel O’Hara. Ahli genetik Alchemax Corporation yang tinggal di New York tahun 2099 itu awalnya bertekad menciptakan tentara super berkemampuan Spider-Man.

Namun usai eksperimen Miguel berbuah insiden, Miguel akhirnya mengambil keputusan sulit dengan menanam gen laba-laba ke dalam separuh DNA tubuhnya. Tak pelak Miguel pun memiliki kekuatan khas Spider-Man dan ia memanfaatkannya untuk melawan orang berkuasa yang menyalahgunakan jabatannya. Dalam situasi tertentu, Miguel juga pernah kembali ke masa lalu dan bertemu dengan Spider-Man Peter Parker.

 

3) Ben Reilly

Ben Reilly

Ben Reilly merupakan karakter yang hadir melalui The Clone Saga. Meskipun dinilai kontroversial, The Clone Saga nyatanya cukup sukses berkat ceritanya yang berani dan unik, dengan menjadikan Peter Parker objek kloning dan Ben Reilly adalah hasilnya.

Kisah Ben Reilly dimulai ketika The Jackal berhasil mengkloning Peter Parker, yang berujung membuat Spider-Man bertarung dengan dirinya sendiri. Spider-Man pun berasumsi memenangkan pertarungan usai ia melihat tiruannya terkena sebuah ledakan maut. Padahal kenyataannya, si kloning ini berhasil selamat dan memulai hidup baru sebagai Ben Reilly.

Mengejutkannya, beberapa tahun kemudian Reilly mendapati kenyataan bahwa sesungguhnya ia adalah Spider-Man yang asli. Namun usut punya usut, kejutan yang dialami Reilly hanyalah bagian dari trik jahat Norman Osborn untuk mengusik kehidupan damai Peter Parker.

Bagaimanapun, Ben Reilly tetap pernah merasakan suka duka menjadi Spider-Man baru, dengan kostum kerennya yang digilai banyak fans.

 

2) Miles Morales

Miles Morales

Ketika Sony mengumumkan akan kembali mereboot franchise Spider-Man dengan melibatkan Marvel, Miles Morales santer diberitakan akan mengambil alih posisi Peter Parker sebagai karakter sentral, sebelum akhirnya Peter kembali terpilih memegang peran utama.

Miles sendiri adalah remaja berdarah Latin-Negro yang juga digigit laba-laba rekayasa genetik. Insiden ini akhirnya memotivasi Miles untuk menjadi Spider-Man baru pasca kematian Peter Parker.

Marvel dan Sony diketahui memegang hak film untuk semua karakter Spider-Man, termasuk Miles. Kendati belum ada sinyal akan bergabung di Marvel Cinematic Universe, Kevin Feige sang arsitek MCU menyatakan pihaknya tertarik untuk mengeksplorasi kisah Miles.

 

1) Spider-Gwen

Spider-Gwen

Datang dari dunia alternatif, Spider-Gwen pada dasarnya adalah Spider-Man namun dengan alter-ego Gwen Stacy. Layaknya Peter Parker asli, Gwen memiliki kekuatan khas Spidey setelah digigit laba-laba yang sama. Nah, bagaimana dengan nasib Peter di dunia alternatif ini? Sayang sekali ia justru berakhir menjadi The Lizard yang membuat nyawanya berada di ujung tanduk.

Spider-Gwen sendiri tergolong sebagai karakter baru, mengingat komik perdananya baru diterbitkan pada 2015. Kini berbekal basis fans yang besar, dibarengi dengan era perfilman yang kian marak menghadirkan jagoan perempuan, film Spider-Gwen tentunya sangat berpotensi untuk menyamai bahkan melebihi kesukssan Spider-Man di layar lebar.

Sumber

Comments

Populer Minggu Ini

Facebook

To Top