Review – Kahaani (2012)

Khan: ” No one doubts a pregnant woman “

Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih buat teman saya, sesama movie blogger, Soeby dari Curhat Sinema yang sudah merekomendasikan film keren ini. Jadi Kahaani, film bollywood satu ini memang berbeda dari kebanyakan koleganya yang lebih sering menghadirkan drama dan romansa. Kahaani yang berarti “Cerita” adalah thriller garapan Sujoy Ghosh yang mengisahkan perjuangan seorang istri, Vidya Venkatash-Bagchi (Vidya Balan) menyebrangi ribuan kilometer dari London untuk mencari suaminya yang hilang dalam perjalanan bisnis di Kolkata (dahulu Calcutta atau Kalkuta), India. Menariknya, karakter heroine kita bukan hanya sekedar seorang wanita, Vidya juga sedang hamil besar yang membuat gerak-geriknya terbatas sekaligus menjadi menjadi senjata ampuh untuk meraih simpati, seperti salah satunya adalah, Satyaki “Rana” Sinha, polisi muda yang kemudian membantu Vidya menemukan suaminya.

Memasang sosok perempuan yang tengah hamil tua sebagai karakter utama sebuah thriller itu harus diakui cerdas dan berani, belum pernah ada sebelumnya yang nekat melakukannya di genre ini, dan aktris cantik, Vidya Balan telah menunaikannya dengan sangat meyakinkan dalam usahanya memperkuat narasi Sujoy Ghosh tentang pencarian, terorisme dan konspirasi besar berbalut semangat feminisme kental dan elemen detektif yang seru, ya,  seperti menonton sedikit A Mighty Heart, sedikit Rendintion, sedikit Bourne series dan juga sedikit kejutan ala Usual Suspects dan Taking Lives, hanya saja Kahaani menjadi kasus istimewa karena ia merupakan produksi India yang notabene  jarang menampilkan tema dan di garap seserius ini.

Kahaani akan membawa penontonnya ke dalam dua jam lebih petualangan cepat menjelajahi sudut-sudut kumuh Kolkata, mencari jejak dan petunjuk-petunjuk yang berserakan sembari menghindari kejaran-kejaran pihak yang merasa terancam dengan kehadiran ibu muda itu. Meyenangkan ketika melihat Ghosh yang tidak hanya sukses menghadirkan gambar-gambar menarik Kolkata, melihat bagaimana kehidupan di salah satu kota terpadat di India itu namun juga unsur budaya yang kental seperti pengunaan dua nama buat satu orang atau festival Durga Puja dengan segala unsur religinya pada akhir film, jadi meskipun secara teknis ia terlhat seperti garapan film Hollywood, Ghosh tetap tidak melupakan akar budayanya sebagai sebuah film India. Dan bagi yang tidak meyukai adegan nyayian dan tarian, tenang saja, Kahaani tampaknya tidak punya waktu untuk menghadirkan kebiasaan itu, walaupun ada sedikit romansa di dalamnya, tapi ia juga tidak pernah berkembang menjadi kelewat dominan.

Naskahnya memang menarik dan nyaris rapi dengan segala detil-detilnya, tapi harus diakui ia masih memiliki beberapa plot hole terasa sedikit menganggu keasikannya. Untung saja Kahaani punya cast yang bagus untuk menambal kekurangannya itu termasuk bagaimana kemudian Ghosh berhasil menutup kisahnya dengan twist ending cerdas, ending yang sangat berkaitan dengan pemilihan karakter wanitanya yang tidak biasa itu. Ya, jujur saja saya tertipu mentah-mentah, lucunya Ghosh sebenarnya sudah memberikan petunjuk tentang akhir film ini sejak awal-awal film, tapi, yah, begitulah, kita tidak pernah bisa menebak apa yang terjadi hingga akhir film nanti.

 [xrr rating= 7.7/10]

About Movienthusiast

"Beri Komentar"

18 comments

  1. bang boleh tanya gk? bidya ini intel juga yah??trus dy dapet foto c milan buat edit drmna yah?

    hidup subroto.. :ngacir:

  2. thriler india ini mengingatkan saya terhadap thriler india lain “A Wednesday”

    beberapa jenis film bollywood yang berbeda dari kebanyakan

  3. yupe, saya salut dengan film ini, juga rekomen bro akhirnya saya mencari film ini. keren gila twistnya, walau sebenarnya beberapa petunjuk awal saat vidya goyang2 kakinya sudah mengarahkan kita akan twistnya.

  4. wah… ternyata yang suka film itu banyak ya? aku kira cuma aku dan teman-temanku, hehe. dari comment2 di atas, aku jadi lebih paham terhadap film itu, makasih ya

  5. request film india Gangs of wasseypur dan Barfi ! dong coz gw liat ratingnya di IMDB tinggi banget keduanya film tahun 2012 ratingnya 8,4

    • film Hindi kebanyakan ratingnya tinggi2 sih, banyak yang overatted juga. Oke saya masukin list dulu ya dua film itu. :)

  6. akhirnya setelah lama jadi silent reader,komen juga disini..
    gw br ntn film ny, kemaren2 selalu underestimate sm bollywood, but yeah,it was a big mistake..
    keren banget filmnya,bikin penasaran sampe akhir,dari yang ngantuk sampe jadi melek.
    tapi gw mw tanya nih, koq si milan dan antek2nya gak curiga sama si vidya pas vidya nunjukin foto mereka berdua y?? secara si milan dkk kn katanya licin banget..

  7. I live in France… It sounds difficult to get a chance to see this kind of Bollywood movie… Any idea?

  8. ((Movienthusiast
    July 21, 2013 at 8:54 am : iYa, gak ada yang curiga, karena semua orang percaya sama wanita hamil, itu pointnya))………… Hoh, it means that woman actually NEVER REALLY BE PREGNANT?? Was it? Whoooaaa…, I really should see this movie… But I live in France, and it not so easy to find any Hindi’s movie at French cinema…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top