Movie Scoring, Soundtrack & Musical Review – Rio (2011)

Yeah! Woohoo! I’m flying! I’m really flying! You’re right! I’m not an ostrich! I’m not an ostrich!

 Setelah berhasil melatari banyak film animasi, John Powell semakin membuktikan bahwa dirinya adalah komposer hebat yang nyaris tidak pernah gagal dalam mengemas musik di berbagai film animasi. Kehebatan Powell sungguh terbukti pada How To Train Your Dragon, membuat setiap fans animasi mengagumi Powell bahkan sangat mencintai musiknya yang terkenal dengan komposisi hebat selevel orkestra yang sangat kaya akan nada sehingga membuat setiap penonton tidak dapat mengharapkan sesuatu yang lebih lagi dari komposisi yang disuguhkan oleh Powell pada film tersebut.

Rio, animasi arahan Saldanha, adalah sebuah film yang menceritakan tentang kisah burung kakaktua biru bernama Blu. Setelah terseret keluar secara paksa oleh keadaan, Blu terdampar di sebuah kota dan terus berkembang menjadi burung rumahan yang bahkan nyaris tidak dapat terbang layaknya seekor burung diluar sana. Sepanjang film, Powell mengiringi kisah Blu dengan musiknya.

 

  • Filmscore Review

Pada animasinya kali ini, Powell menciptakan sebuah tema yang nantinya akan segera dinikmati penonton dalam tujuh jenis komposisi sepanjang film. Tema ini mungkin tidak akan terlalu terlihat karena setiap komposisi yang menjadi bungkus dari tema ini memiliki karakternya masing-masing. Walau demikian, tema yang dihadirkan Powell sungguh tema yang berisi nada yang sangat ramah di telinga. Powell menyelipkan karakter musik samba dengan seluruh komponennya baik gaya musik maupun karakter bunyi sehingga ia dapat melebur dengan cerita dalam film ini. Rio, diambil dari nama ibu kota Brazil yaitu Rio de Janeiro, sebuah kota dimana musik samba yang tercampur dari afrika itu telah lahir dan berkembang hingga hari ini. Dominasi campuran antara alat-alat musik perkusi dan gitar pada setiap lagu memang memberikan rasa ‘samba’ yang jelas tidak palsu pada musik Powell kali ini. Kehebatan Powell dalam meramu sebuah musik etnik dalam bentuk orkestra patut diberikan pujian.

Dengan melodi yang memang sangat beragam, baik tinggi rendahnya maupun tebal tipisnya, musik Powell sangat  bersahabat bahkan untuk penonton yang tidak terlalu akrab dengan musik samba seperti saya. Kali ini, musik Powell tidaklah terdengar sangat enerjik dan mewah seperti biasanya. Sambutan yang hangat dan ringanlah yang disuguhkan oleh beliau.

 

Rating: ★★★¼☆ 

 

Tracklist :

  1. Morning Routine
  2. Meet Tulio
  3. Great Big Momma Bird
  4. Paradise Concern
  5.  Bagged and Missing
  6. Locked Up
  7. Chained Chase
  8.  Bedtime Flyers
  9. Idiot Glider
  10. Juicy Little Mango
  11.  Umbrellas of Rio
  12. Motorbike
  13. Bird Fight
  14.  Birds Moved
  15. Heimlich
  16.  Birdnapped
  17. Rio Airport
  18. Flying

My fav : Flying

 

  • Soundtrack Review

Awalnya saya menemukan sebuah kesulitan untuk bisa menikmati soundtrack yang hadir dalam Rio. Setelah mendengarkannya berhari-hari dan walaupun saya tidak tersihir dengan musik samba yang acapkali terdengar seperti mengajak bergoyang namun akhirnya saya dapat menikmati beberapa buah lagu yang memang menghadirkan sensasi jazz didalam nada-nadanya .

Dengan tidak membawa ekspektasi  apapun, saya mencoba melihat sesuatu diluar kacamata dan kebiasaan saya dalam menilai sebuah musik. Musiknya bagus dan memang artis yang dipakai juga bukan artis biasa. Dan ternyata musiknya lebih menyenangkan dari yang awalnya saya kira. Soundtrack di film ini membukakan mata saya bahwa musik samba bukanlah musik etnik yang terlalu oldies untuk dinikmati. Secara gamblang dapat terlihat dalam film ini bahwa samba merupakan perwakilan dari budaya dan kebiasaan yang ada di Brazil.

Mendes berhasil memberikan sebuah kesan yang berarti buat saya. Musik samba kontemporer dan jazz yang menawan hati sungguh menjadi pelengkap yang nikmat buat menjadikan film ini hiburan diwaktu senggang. Secara keseluruhan, mungkin samba bukanlah ‘my cup of tea’ tetapi siapapun yang menyukai samba pasti sangat menyukai musik yang ada di film ini. So far, nice music!

 

Rating: ★★★¼☆ 

 

TRACK LISTING

  1. Real in Rio – The Rio Singers
  2. Let Me Take You to Rio (Blu’s Arrival) – Ester Dean & Carlinhos Brown
  3. Mas Que Nada (2011 Rio Version) – Sergio Mendes feat. Gracinha Leporace
  4. Hot Wings (I Wanna Party) – will.i.am & Jamie Foxx
  5. Pretty Bird – Jemaine Clement
  6. Fly Love – Jamie Foxx
  7. Telling the World – Taio Cruz
  8. Funky Monkey – Siedah Garrett, Carlinhos Brown, Mikael Mutti, and Davi Vieira
  9. Take You to Rio (Remix) – Ester Dean
  10. Balanco Carioca – Mikael Mutti
  11. Sapo Cai – Carlinhos Brown & Mikael Mutti
  12. Samba De Orly – Bebel Gilberto
  13. Valsa Carioca – Sergio Mendes

My fav tracks : Real in Rio, Mas Que Nada, Fly Love, Telling the World, Valsa Carioca

About Movienthusiast

"Beri Komentar"

9 comments

  1. Wah artikel baru..
    Ini new writer buat Movieanthusiast yaa???

  2. filem bagus yang cukup menghibur meski endingnya udah bisa kebaca tapi nih filem cocok buat nonton bareng keluarga

    nb : penulisnya baru ya?

  3. Downloadnya Dimana ya Soundtrak nya , sama lagunya yang lain :lol: :lol:

  4. Thanks yach,,, jd tau apa2 aja track list d film tu hehhee :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

Leave a Reply

Scroll To Top