Movie Scoring, Soundtrack & Musical Review – Little Nicholas / Le Petit Nicolas (2009)

“Plus tard,je sais .. ce que je veux pour faire au futur, faire rire les gens”

Sebagian besar masyarakat Perancis pasti mengenal novel karya SEMPÉ-GOSCINNY ini. Sebuah novel yang begitu demikian merakyatnya sehingga hampir tidak mungkin tidak ada masyarakat Perancis yang tidak melewati masa kecil mereka tanpa pernah menikmati berbagai kisah dari novel tersebut. Monsieur Tirard telah berhasil membaharui pemikiran saya mengenai film yang diangkat dari novel, yang seringkali kurang memuaskan, termasuk  menghilangkan beberapa komponen penting dalam buku agar film itu lebih mudah dibuat dan juga mudah dinikmati oleh para penonton, namun berbeda sekali dengan kasus film ini. Dengan jenaka, Monsieur Tirard berhasil mengemas cerita novel tersebut menjadi sesuatu yang tidak hanya bisa dinikmati lewat sebuah karya tulis namun juga di layar lebar, dan tidak kalah jenakanya, Monsieur Badelt melatari film ini dengan perpaduan berbagai nada yang menarik dan ringan.

Badelt dikenal sebagai komposer yang telah berhasil mengerjakan beberapa proyek musik latar di film Hollywood seperti Pirates The Carribean 1 & 2, Poseidon, dan banyak lainnya. Beliau juga beberapa kali berkolaborasi dengan Hans Zimmer. Dari beberapa karyanya, saya telah mengeluarkan sebuah penilaian pribadi tentang karakter dari musik Badelt namun scoring di film ini sangat ‘out of Badelt’s box’. Dengan menyajikan sebuah komposisi yang baru, Badelt berhasil memberikan sebuah citarasa yang sama sekali baru dari kebiasaan karakter musiknya dimasa lampau.

Badelt meramu berbagai bunyi dari gitar, mandolin, pianika, piano, biola dan berbagai alat musik lainnya dengan sangat jenaka. Walau demikian komposisi Badelt tidak terdengar picisan dan murahan. Justru sebaliknya, dengan mencampur-aduk berbagai karakter dari alat musik yang ada, Badelt menciptakan sesuatu yang mungkin terdengar asing pada awalnya namun tetap dapat dinikmati oleh banyak orang. Tanpa menanggalkan karakter musik Eropa, Badelt melatari Le Petit Nicolas dengan balutan berbagai bunyi string, siulan dari peluit, dan bahkan bunyi siulan para singer yang membuat film ini dengan scoringnya terlihat sangat berjodoh satu dengan yang lainnya. Sesuai dengan genre film ini, musik Badelt pun sangat lucu dan menyenangkan. Nada-nada yang disuguhkan seringkali bukan nada beroktaf sangat tinggi ataupun nada yang terlampau rendah sehingga musik Badelt tidak memberikan sebuah sensasi sedih atau menegangkan kepada telinga penonton, nada yang dihadirkan sangatlah merakyat dan mudah dicerna namun tetap memiliki keunikannya sendiri.

Tema musik dari film ini adalah tema yang mampu mengisi berbagai scene yang biasanya menimbulkan suatu rasa geli dalam diri penonton. Namun untuk scene yang sedikit serius, dengan cerdas Badelt mengombinasikan bunyi bass drum (atau mungkin tom-tom floor), bass, string dari biola dengan bunyi harmonika, triangle bahkan bunyi peluit. Secara keseluruhan, setiap scene diisi oleh berbagai bunyi dari berbagai alat musik dan dikomposisikan dengan sangat ramai dan menawan. Musik Badelt dalam film ini tidaklah bising, justru setiap bunyi-bunyian dan nada dalam film ini berhasil mendongkrak rasa geli yang tercipta didalam diri penonton ketika menyaksikan tindakan Nicolas dan teman-temannya.

Detik awal film ini dimulai, terdengar bunyi gitar yang dipetik dengan beberapa siulan kecil. Di akhir cerita, Badelt juga menyematkan petikan gitar untuk memberi penutupan yang manis dan ramah buat setiap penonton.

Film yang lucu dan sangat menghibur dengan musik yang juga lucu dan menyenangkan. Dengan karakter yang saling mengikat dan saling mendukung satu dengan yang lainnya, baik cerita yang ada di film ini maupun musiknya sungguh berhasil membuat film ini menjadi hiburan yang sayang untuk dilewatkan.

My fav’s track : Un Drôle De Sujet De Rédaction, 3 Francs La Rose, On Dirait Un Poivron Confit.

[xrr rating=3/5]

Track List:

01. Un Drôle De Sujet De Rédaction

02. Générique

03. Mord Aux Prof…

04. La Roulette

05. Les Filles C’est Pas Intéressant

06. Papa Et Maman Se Disputent Souvent

07. 3 Francs La Rose

08. Un Jeu Drôlement Compliqué

09. Une Balade En Foret

10. Le Spectacle

11. Je Vais Avoir Un Petit Frere!

12. Ménage

13. Gangster-A-Louer

14. Et En Plus, C’est Un Sale Cafard!

15. Potion Magic

16. Rivalités Fraternelles

17. Rolls Folle

18. Neuf Mois

19. On Dirait Un Poivron Confit

 

About Movienthusiast

"Beri Komentar"

One comment

Leave a Reply

Scroll To Top