Review

Review – Air Doll / Kûki ningyô (2009)

Nozomi, adalah sebuah boneka seks milik seorang pelayan pria paruh baya kesepian bernama Hideo. Hideo menganggap Nozomi adalah kawan terdekatnya, menemaninya saat ia makan malam, menjadi pendengar yang baik, bahkan melakukan hubungan seks dengan boneka karetnya itu. Suatu hari tanpa sepengetahuan Hideo, sebuah kejaiban terjadi pada Nazomi. Ia mendapatkan anugrah sebuah ‘hati’ dimana ia dapat merasakan perasaan yang dirasakan oleh manusia. Setiap hari setelah Hideo pergi bekerja, Nazomi berpakaian dan berpergian keluar apartemen dengan jiwanya yang masih lugu dan polos sembari belajar tentang kehidupan manusia dilingkungannya. Nazomi juga bertemu dan jatuh cinta dengan Junichi, seorang pemuda penjaga toko persewaan dvd, dimana semuanya tampak berjalan baik bagi Nazomi, sebuah peristiwa tidak terduga mengubah segalanya.

Dari sutradara Nobody Knows dan Still Walking, Hirokazu Koreeda menghadirkan sebuah drama fantasi
tentang kesepian, kesendirian, dan ‘kekosongan’ jiwa manusia yang dimetaforakan dalam wujud sesosok boneka seks bernama Nazomi yang dibawakan dengan cukup baik oleh artis Korea, Doona Bae. Tidak seperti film2 bertema ‘Pinokio’ kebanyakan, Koreeda lebih menonjolkan pengambaran pelajaran tentang kehidupan manusia ini dengan pendekatan puitis dan terkesan dewasa belum lagi dukungan sinematografinya yang lembut dan indah semakin membuai emosi. Banyak terdapat adegan2 simbolis yang memiliki pesan cukup dalam tentang ‘emptyness‘ yang juga diwakili dengan keberadaan orang2 disekitar kehidupan Nozomi yang nasibnya sebenarnya juga tidak berbeda jauh dengannya, sama2 kesepian dan tidak ‘berjiwa’ ditengah kehidupan kota yang ramai.

Dengan alur yang sedang, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat, penonton diajak bersama Nozomi berkeliling kota, melihat dengan segala kepolosannya dalam belajar tentang arti hidup, cinta, bahkan kematian. Ini bukan cerita tentang boneka yang menjadi manusia, sosok Nazomi sebenarnya tetap adalah sebuah boneka karet kosong yang hanya berisi angin, namun yang menjadi menarik adalah bagaimana proses ia berinteraksi dengan lingkungannya yang tidak jarang membuat penonton tertawa dan juga sedih dengan segala tingkah lakunya, bahkan adegan klimaksnya pun cukup mengejutkan.

overall, Kûki ningyô / Air Doll adalah sebuah film yang menarik dan indah tentang kesepian, kehampaan, dan bagaimana pentingnya kehadiran orang lain dalam kehidupan kita. Sebuah film puitis yang dibutuhkan perenungan sejenak untuk dapat menerjemahkan pesan yang ingin disampaikan dari setiap simbol2 metaforanya .

[xrr rating=7.8/10]

Comments

Populer Minggu Ini

Facebook

To Top